UJIAN PRAKTIK SENI BUDAYA

Dalam rangka pelaksanaan Ujian Akhir Semester Ganjil Praktik Seni Budaya Tahun Ajaran 2015/2016, SMA IT Adzkia Sukabumi mengadakan ujian praktik tersebut sekaligus ajang pencarian bakat yang dimiliki oleh para siswa/i yang belum terekpose selama kegiatan pembelajaran di kelas.

Membuat Cemilan
Membuat Frame

Maka dari itu, seluruh potensi siswa yang dimiliki harus dikeluarkan pada ujian praktik tersebut, meskipun tidak ada relevansinya dengan kegiatan proses KBM di kelas.

Menggambar Kalimat Thoyyibah
Design Grapis
Adapun maksud dari kegiatan tersebut ialah agar siswa mampu mengkespresikan dirinya tanpa dibatasi oleh suatu tema tertentu dalam pelaksanaan ujian praktik SBK, sehingga para siswa bebas memilih dan menentukan jenis potensi yang akan ditampilkan pada saat ujian praktik itu.

Handy Craft
Seni Kriya
Seperti halnya jika siswa pandai memasak, maka untuk penilaian ujian praktik SBK tersebut pun akan diujikan praktik memasak. Mulai dari pemilihan bahan, alat-alat, cara memasak dan penyajian pun semuanya ditentukan dan disiapkan oleh siswa itu sendiri.

Cookery
Membuat Pudding Juice

Selanjutnya jika ada siswa yang ingin tampil berkelompok seperti olah vocal yang diiringi instrumental musik, maka penilaiannya pun akan disesuaikan dengan kemampuan siswa masing-masing.

Membuat Kartu Ucapan
Olah Vocal diiringi Music Live

Yang jago mainkan alat musiknya maka akan dinilai dari kepandaian memainkan alat musik tersebut, sementara yang pandai bernyanyi akan dinilai dari seni olah vocalnya pula.

Olah Vocal Lagu Barat
Olah Vocal diiringi Music Live

Intinya meskipun mereka tampil secara berkelompok, penilaiannya akan diberikan secara individu dan kelompok pula.

Mengolah Baby’s Foods
Mencipta Alat Pembersih Serbaguna

Begitu juga jika ada siswa yang memiliki kemampuan membuat hasta karya, maka ia pun akan dinilai dari cara proses pembuatan dan hasil hasta karyanya.

Jika ada siswa yang pandai menari modern atau menari tradisional, maka ia pun akan dinilai dari gerakan dan ketukan tarian tersebut.

Tari Jaipong Show

Begitu seterusnya, apa pun yang menjadi keahlian siswa, maka mereka semua harus menampilkan daya kreasinya berdasarkan kemampuan siswa yang dimilikinya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url